Memasang atau berkampanye Iklan pada surat kabar mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :
a) Market coverage yaitu surat kabar yang menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan pasarnya (nasional, regional, atau lokal).
b) Comparison shoping ( catalog value ) yaitu keuntungan kedua menyangkut kebiasaan konsumen membawa surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktu berbelanja. Informasi sekelebat yang diberikan oleh radio dan televisi, dimuat secara tertulis pada surat kabar yang dapat dibawa kemana-mana.
c) Positive consumer attitudes yaitu konsumen umumnya memandang surat kabar memuat hal-hal aktual yang perlu segera diketahui khalayak pembacanya.
d) Flexibility yaitu pengiklan dapat bebas memilih pasar mana ( dalam cakupan geografis ) yang akan diprioritaskan. Dengan demikian ia dapat memilih media mana yang cocok. Kecuali pada surat kabar nasional yang biasanya harus dilakukan pemesanan enam bulan sebelumnya, koran-koran lokal umumnya sangat fleksibel dalam memuat iklan, baik permintaan mendadak yang berkaitan dengan ukuran, frekuensi pemuatan, maupun penggunaan warna ( spot colour atau full colour ).
Berbeda dengan majalah yang cenderung dibaca oleh masyarakat golongan menengah keatas dan biasanya media ini lebih banyak menyajikan iklan dengan tema keluarga atau gangguan dalam pekerjaan yang perlu diatasi. Oleh karena itu majalah juga mempunyai kelebihan tersendiri sebagai media untuk beriklan dan berpromosi, antara lain :
a) Khalayak sasaran yaitu salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi. Pada masa mendatang majalh-majalah special interest akan mempunyai peranan yang penting dan akan sangat disukai sebagai media periklanan karena dianggap memiliki captive market.
b) Penerimaan khalayak yaitu kemampuannya mengangkat produk-produk yang di iklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestise majalah yang bersangkutan.
c) Long life span yaitu majalah adalah media yang memiliki usia edar paling panjang dari seluruh media yang ada. Selain itu majalah yang dimiliki oleh khalayak umumnya disimpan hingga bertahun-tahun sebagai referensi.
d) Kualitas visual yaitu kualitas visual majalah sangat prima karena umumnya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi. Dengan demikian kebanyakan majalah dapat menyajikan tata warna, reproduksi foto baik hitam putih maupun berwarna dengan sangat baik.
Kualitas produksi seperti ini mencerminkan kehebatan isi editorialnya. Cerita-cerita fiksi dan features selalu ditulis oleh penulis kenamaan yang mampu menggugah emosi pembaca.
e) Promosi penjualan yaitu majalah adalah media yang efektif untuk menyiarkan pesan iklan yang berbau promosi penjualan seperti kupon-kupon yang akan diundi, contoh-contoh produk, dan kartu-kartu petunjuk.
Pelaku bisnis media cetak di Indonesia kelihatannya masih yakin dengan masa depannya, meski media Internet tumbuh luar biasa di negeri ini, dan sudah banyak bukti media cetak di Amerika Serikat bertumbangan karena Internet. Gencarnya pemberitaan di televisi dan kuatnya penetrasi internet di Indonesia tak akan mematikan koran atau media cetak lainnya. Di daerah, koran berkembang pesat, jauh lebih banyak dibandingkan dengan koran yang tutup—karena masalah internal. Peluang iklan di media cetak tetap tumbuh dan persentasenya cenderung meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar